Contoh soal percepatan gravitasi

1. Berapa besar percepatan gravitasi di permukaan bulan ? Massa bulan = 7,35 x 1022 kg, jari-jari bulan = 1.740.000 meter, konstanta gravitasi umum (G) = 6,67 x 10-11 N m2 / kg2
Pembahasan
Rumus hukum II Newton :
contoh soal percepatan gravitasi - 1
contoh soal percepatan gravitasi - 2
Keterangan : G = konstanta gravitasi universal, M = massa bumi, m = massa benda, r = jarak pusat bumi ke benda. Jika benda berada di permukaan bumi atau berada di dekat permukaan bumi maka r = jari-jari bumi.
Contoh soal percepatan gravitasi - 3 
Gunakan rumus ini untuk menghitung percepatan gravitasi (g) di permukaan suatu planet, di mana M = massa planet, satelit, bintang dll. dan r = jari-jari planet, satelit, bintang, dll.
Besar percepatan gravitasi di permukaan bulan ?
contoh soal percepatan gravitasi - 4
2. Percepatan gravitasi rata-rata di permukaan bumi sama dengan g. Pada ketinggian R (R = jari-jari bumi) dari permukaan bumi, besar percepatan gravitasi bumi adalah… nyatakan dalam g.
Pembahasan
Percepatan gravitasi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak :
Contoh soal percepatan gravitasi - 5 
R = jari-jari bumi. Pada ketinggian R dari permukaan bumi = pada ketinggian 2R dari pusat bumi. Jika R dianggap bernilai 1 maka 2R = 2(1) = 2.
Pada ketinggian R dari permukaan bumi, percepatan gravitasi bernilai ¼ g. Jika g = 9,8 m/s2 maka pada ketinggian R dari permukaan bumi, percepatan gravitasi bernilai 2,45 m/s2.
contoh soal percepatan gravitasi - 6

Berlangganan untuk mendapatkan Tutorial-Tutorial Fafa Arts melalui Email.